Home / Opini / Termulawak Sebagai Tanaman Yang Mempunyai Kebaikan Alam Didalamnya
Termulawak Sebagai Tanaman Yang Mempunyai Kebaikan Alam Didalamnya

Termulawak Sebagai Tanaman Yang Mempunyai Kebaikan Alam Didalamnya

Di musim pancaroba belakangan ini, sebagian orang akan mengalami penurunan daya tahan tubuh karena tidak bisa beradapatasi dengan perubahan yang ada di alam. Oleh sebab itu, demi menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat tidak perlu mengerluarkan banyak uang di dalamnya. Indonesia kaya dengan rempah-rempah. Banyak sekali manfaat kesehatan dari rempah-rempah tersebut yang bisa kita ambil di dalamnya. Contohnya yaitu termulawak. Termulawak merupakan tanaman obat yang secara alami sangat mudah tumbuh di Indonesia dengan dukungan kondisi iklim dan tanahnya dan juga memliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam tanaman termulawak tersebut. Artikel ini kita akan membahas sedikit tentang termulawak beserta kebaikan alami yang ada di dalamnya.

1. Tempat Tumbuh Termulawak

Termulawak dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 0-1.800 m dpl. Termulawak tumbuh baik pada jenis tanah latosol, andosol, regosol, dan podsolik pada ketinggian 100-1.500 m dpl dengan curah hujan 100-4.000 mm/tahun. Bagian yang dipanen dan dipergunakan adalah rimpang yang beraroma tajam dengan daging rimpang berwarna jingga. Panen dilakukan umur 7-12 bulan setelah tanaman atau keadaan daun telah menguning dan gugur.

2. Pengembangbiakan Termulawak

Perbanyakan tanaman termulawak dapat dilakukan dengan menanan rimpang yang sudah cukup tua. Selain itu, pemisahan anakan yang tumbuh di dekat batang pokok juga dilakukan.

3. Kandungan Termulawak

Rimpang termulawak mengandung protein, pati, zat warna kuning kurkuminoid (yang terdiri dari dua komponen yaitu kurkumin dan kurkuminoid) serta minyak atsiri. Pati merupakan komponen terbesar dalam termulawak, sekitar 29-34%. Pati ini adalah jenis yang mudah dicerna sehingga baik untuk makanan bayi atau makanan orang yang baru sembuh dari sakit.

Kandungan zat pada termulawak yaitu atsiri yang bermuatan Felandren dan turmerol, terdapat juga kurkumin dan pati dengan dosis 0,5 gram sampai 1 gram sangat baik untuk antipasmodika dan obat kolagoga.

4. Manfaat Termulawak

Menurut Fauzi (2009) Termulawak berkhasiat untuk pengobatan diantaranya.

1. Mengobati bau badan yang kurang sedap

Ambillah sebuah rimpang termulawak. Parut dan rebus dengan air 1 liter. Dinginkan terlebih dahulu sebelum diminum.

2. Membersihkan darah

Rimpang termulawak diiris tipis, lalu dijemur hingga kering. Rimpang ini diseduh dengan air hangat, kemudian diminum seperti teh. Agar tidak terlalu pahit, sewaktu meminumnya dapat dicampur dengan gula merah

3. Penyakit ekstrim

Siapkan rimpang termulawak sebesar telur ayam dan kawak sebesar telur mepati. Masak bahan dengan dua gelas air dan ditambahkan sedikit gula aren. Biarkan hingga mendidih dan airnya tinggal 1 gelas saja. Saring airnya dan diminum selagi hangat. Pengobatan ini dilakukan setiap selama sebulan.

4. Mengobati penyakit kuning, demam malaria dan sembelit, serta bisa untuk memperbanyak ASI

Rimpang diparut dan diperas airnya, kemudian diminum. Dapat juga dengan minum air rebusan rimpang termulawak yang kering

5. Badan yang terlalu capek

Ambil dan berikan rimpang termulawak sebanyak 50 gram. Parut rimpang sampai halus dan tambahkan air secukupnya, lalu diminum. Laukan hal ini 2 kali sehari, cukup 1 gelas. Bila perlu dapat ditambahkan madu atau air gula aren.

5. Tumbuhan sebagai penghasil Metabolit

Tanaman obat merupakan salah satu sumber bahan baku obat. Sebagian besar komponen kimia yang berasal dari tanaman yang digunakan  sebagai obat atau bahan obat adalah metabolit sekunder. Secara in vitro produksi metabolit sekunder ini dilakukan dengan teknik kultur jaringan

Herbandrink Termulawak

Demikian penjelasan tentang termulawak. Bagiamana? Banyak sekali bukan manfaatnya dan pembelajaran di dalam tanaman tersebut. Tetapi sangat sulit untuk mempratekkan di rumah cara-cara mengambil manfaat langsung dari tanaman termulawak. Tenang, sekarang dengan menkonsumsi Herbadrink sari Termulawak maka, manfaat dari Termulawak bisa kita dapatkan dengan cara yang lebih praktis dan efisien

Herbandrink tersedia di supermarket terdekat dan praktis cara pemakaiannya dan juga harga murah dapat dijangkau oleh masyarakat. Herbandrink tersendiri mempunyai varian seperi Hebadrink Sari Jahe, Sari Termulawak dan Lidah Buaya yang masing-masing mempunyai banyak sekali manfaat dan wajib dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *