Home / Peternakan / Perbandingan Tingkah Laku Makan Dan Fisiologi Saluran Pencernaan Kambing Dan Domba
Perbandingan Tingkah Laku Makan Dan Fisiologi Saluran Pencernaan Kambing Dan Domba

Perbandingan Tingkah Laku Makan Dan Fisiologi Saluran Pencernaan Kambing Dan Domba

Kambing dan domba adalah hewan yang didomestikasi sekitar 7000-6000 SM. Banyak kalangan yang mengira bahwa kambing dan domba adalah sama, Tetapi perlu diketahui keduanya adalalah makhluk yang berlainan dan memiliki bangsa yang berbeda.  Ada beberapa hal yang mirip antara kambing dan domba sehingga banyak kalangan mengatakan keduanya adalah sama. Kesamaan atau kemiripan itu seperti bunyi mengembek, bentuk kepadala maupun kaki.

Namun dari aspek anatomi, kedua ternak ini berbeda. Perbedaan anatomin da ditunjang dengan jumlah kromosom yang berbeda membuat keduanya tidak dapat dikawinsilangkan. Salah satu perbedaan antara domba dan kambing ialah domba tidak akan menjadi liar jika dikembalikan ke alam bebas sedangkan kambing dengan mudah menjadi liar.

Domba mempunyai kelenjar di bawah mata yang menghasilkan sekresi seperti air mata. Di celah antara kedua bilah kuku keluar sekresi yang berbau khas saat berjalan. Tanduk penampang segitiga dan tumbuh melilit. Bulu wol bahan sangat baik digunakan sebagai bahan wol, olahan, kain atau benang. Domba jantan tidak berbau prengus.

Konsumsi bahan kering, bahan oragnik, air minum, dan vlume urin domba lebih tinggi dai pada kambing (Elita, 2006). Kambing lebih efisien daripada domba. Berat jenis urine kambing lebih tinggi dibandingkan domba. Perbedaan jenis kelamin pada kambing dan domba tidak berpengaruh terhadap konsumsi bahan kering, bahan organik, air minum, kecernaan bahan kering dan bahan organik, pertambahan bobot badan, konversi ransum, bahan kering feses, kadar air feses, volume urine dan berat jenis urine.

Berikut adalah tabel Perbandingan Tingkah Laku Makan Dan Fisiologi Saluran Pencernaan Kambing Dan Domba serta perbedaan fisik (Esterior) Kambing dan Domba.

Tabel 1 : Perbandingan Tingkah Laku Makan Dan Fisiologi Saluran Pencernaan Kambing Dan Domba

Perbandingan Tingkah Laku Makan Dan Fisiologi Saluran Pencernaan Kambing Dan Domba

Perbandingan Tingkah Laku (2)

Perbandingan Tingkah Laku (3)

Tabel 2: Perbedaan fisik (Esterior) Kambing dan Domba

Perbedaan Fisik (Exterior) Kambing Dan Domba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *