Home / Peternakan / KOLOSTRUM BUATAN
Kolostrum Buatan

KOLOSTRUM BUATAN

Kolostrum (collostrum) adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran. Kolostrum manusia dan sapi warnanya putih kekuningan dan kental. Kolostrum penting bagi bayi mamalia (termasuk manusia) karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh.

Kolostrum sapi adalah susu hasil sekresi dari kelenjar ambing induk sapi betina selama 1-7 hari setelah proses kelahiran anak sapi (pedet). Kolostrum sapi mulai diproduksi sekitar 3-6 minggu sebelum melahirkan, berwarna putih kekuningan, konsisten kental, kaya akan antibodi dan mineral. Kolostrum sapi mengandung kurang lebih 90 komponen penting, beberapa diantaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, asam lemak essensial, asam amino dan vitamin. Kolostrum sapi juga mempunyai komponen bioaktif seperti growth factor, faktor antimikroba, faktor imun seperti senyawa imunoglobulin, serta enzim dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan sejumlah penelitian, kolostrum sapi terbukti memiliki efek positif terhadap kesehatan, seperti immunoglobulin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit diare akut akibat virus dan bakteri, menjaga saluran pencernaan dan kondisi tubuh serta laktoferin, laktoperoksidae dan lisozim yang bersifat antimikroba terhadap mikroba patogen dan juga bersifat antioksidan.

Kolostrum sapi memiliki banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan, tetapi belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Kolostrum sapi yang dihasilkan oleh induk sapi yang baru lahir. Dengan banyaknya keunggulan yang terdapat pada kolostrum sapi maka dapat dikembangkan menjadi produk fungsional, yaitu yoghurt kolostrum.

Ternak yang baru lahir mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat  lemah, oleh karena itu pemberian kolostrum adalah kewajiban. Zat antibodi utama yang terkandung dalam kolostrum adalah immunoglobulin (Ig). Immunoglobulin (Ig) yang terdapat dalam kolostrum berperan dalam melindungi ternak dari berbagai macam penyakit pada masa awal kehidupannya

Kolostrum adalah susu yang pertama kali keluar dari kelenjar susu yang berwarna kuning dan agak kental. Kolostrum itu akan berubah menjadi susu biasa sesudah 5 hari atau paling lama seminggu (Anwar, 2001).

Kolostrum diberikan untuk pedet setidaknya untuk tiga hari tetapi jika pemberian susunya dengan ember, kemungkinan untuk menyusui hanya 12 jam sampai 24 jam pertama dan setelah itu kolostrumnya diberikan dengan ember (Reksohadiprodjo, 1995).

Kolostrum banyak mengandung vitamin, mineral dan bersifat pencahar dan membantu membersihkan intestinum dari kotoran yang bergumpalan. Kolostrum juga mengandung antibodi yang dibutuhkan oleh pedet
(Williamson dan Payne, 1993).

Kolostrum buatan diberikan pada pedet apabila tidak dapat menghasilkan kolostrum. Kolostrum buatan buatan sekali minum terdiri dari campuran ½ liter susu sapi murni + 1 sendok teh minyak ikan + 1 sendok teh kastroli + 1 kuning telur dihomogenkan di dalam ¼ liter  air hangat (Soetarno, 2003).

Kolostrum sebaiknya diberikan sesegera mungkin setelah pedet lahir dan maksimal 4 jam setelah lahir keterlambatan pemberian kolostrum akan memperbesar risiko kematian untuk pedet (Hafez, 2000).

Pada pembuatan kolostrum buatan dapat digunakan bahan-bahan diantaranya yaitu susu murni segar, kuning telur ayam dan minnyak ikan. Susu murni segar berfungsi sebagai bahan utama pada pembuatan kolostrum buatan, kuning telur ayam berfungsi sebagai bahan yang mengandung sumber protein dan minyak ikan berfungsi sebagai zat yang mengandung kekebalan bagi tubuh seperti meningkatkan daya tubuh pedet (Bellil, 2009).

Kolostrum buatan dibuat untuk diberikan pada pedet apabila induk tidak dapat menghasilkan kolostrum diantaranya pada saat induk sapi bunting nutrisi yang diberikan kurang terutama pada masa atau pada saat bunting menjelang beranak bila nutrisi yang dibutuhkan oleh induk tidak dapat tercukupi maka kolostrum bisa tidak dapat keluar. Penyebab lain kolostrum tidak keluar yaitu faktor lingkungan (Sutardi, 2012).

Metode Pembuatan Kolostrum Buatan

  • Disiapkan susu sapi segar 1 liter, 1 butir kuning telur dan 1 sendok scotts emulsion (minyak ikan)
  • Disiapkan beaker glass dan sendok makan
  • Dituangkan susu ke beaker glass sebanyak 500 ml
  • Ditambahkan 250 ml air mineral
  • Ditambahkan 1 butir kuning telur ayam
  • Ditambahkan 1 sendok scotts emulsion
  • Diaduk hingga homogen sampai merata
  • Diamati hasil

Tabel 1. Hasil Uji Organoleptik Kolostrum Buatan Yang Baik

Uji Sebelum Sesudah
Aroma Sedikit amis Sangat amis
Warna Putih Putih kekuningan
Rasa Hambar Hambar
Tekstur Tidak mengumpal Tidak mengumpal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *