Home / Opini / Dasar Mempelajari Desain Grafis
Dasar Mempelajari Desain Grafis

Dasar Mempelajari Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu keahlian yang tidak mudah. Banyak orang kewalahan atau mundur dalam mempelajari keahlian ini. Pekerjaan desain grafis erat hubungannya dengan seni. Arti seni secara umum yaitu suatu usaha penciptaan bentuk yang menyenangkan (sense of beauty) dan harmoni bentuk yang baik. Seni juga erat hubungannya dengan keindahan, kreativitas dan keterampilan. Maka, seorang desainer grafis harus mengerti keindahan, kreativitas dan keterampilan dalam pekerjaannya tersebut. Menjadi desainer grafis tidaklah mudah. Harus membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi seorang desainer grafis yang handal dan professional. Dan profesi ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat di zaman modern ini.

Menurut beberapa ahli, salah satunya Suyanto asal Indonesia dalam bukunya yaitu Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan, M. Suyanto, 2004, mendefinisikan desain grafis sebagai “aplikasin dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, lingkungan grafis, desain informasi dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Pada artikel ini tidak banyak kita bahas tentang desain grafis. Disini kita akan membahas hal-hal yang mendasar dalam mempelajari desain grafis, yaitu proses rancangan desain grafis. Dalam pembuatan suatu brarang atau produk, pertama kita harus ketahui adalah proses atau perencanaan dalam pembuatan barang atau produk tersebut. Di artikel inilah kita akan membahasnya, tentang Proses Rancangan Desain Grafis sebelum menjadi sebuah karya.

1. Konsep

Konsep adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan, sasaran, kelayakan yang ingin dituju. Contohnya dalam menentukan logo dalam suatu komunitas, kita harus mengetahui kararakter dan anggota suatu komunitas tersebut. Setelah itu, barulah kita membuat konsep logo tersebut hingga menjadi sebuah logo.

2. Media

Untuk mencapai kriteria ke sasaran yang dituju, dibutuhkan media untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa elektronik, cetak dan lainnya. Contohnya pada suatu komunitas sudah menentukan sasaran pasar dan kriteria yang ingin dicapai. Maka, diperlukan media untuk menjangkau masyarakat agar mendapat sasaran yang lebih baik.

3. Ide/gagasan

Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan suatu studi banding, literatur wawasan yang luas, diskusi, wawancara, dan lainnya agar desain bisa efektif tepat pada sasarannya.

4. Persiapan Data dan Perancangannya

Data berupa teks atau gambar yang harus kita pilih atau seleksi terlebih dahulu. Data dapat berupa data informatif atau data estetis. Data informatif yaitu berupa foto atau teks, sedangkan data estetis dapat berupa efek background, efek garis atau bidang.

5. Revisi

Revisi adalah perbaikan atau perubahahan yang dilakukan jika apabila tidak adanya kesesuaian dari yang sudah direncanakan. Revisi diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal.

6. Final Artwork (FA)

Final Artwork (FA) adalah materi final design yang sudah approved (disetujui) oleh klien yang kemudian dilanjutkan oleh bagian produksi.

7. Produksi

Setelah tahapan-tahapan telah diselesaikan, maka desain selesai dan siap untuk diproduksi dan dipasarkan.

Maka dapat disimpulkan Proses Perancangan Grafis secara umum yaitu Konsep Media  Ide/Gagasan  Persiapan Data dan Perancangan  Revisi  Final Artwork (FA) Produksi.

Dengan demikian untuk mempelajari desain grafis dibutuhkan keseriusan dan semangat belajar yang tinggi. Dalam mempelajari desain grafis kita pasti membutuhkan kursus atau les. Untuk wilayah Kota Medan ada kursus komputer yang super menyenangkan dan mudah untuk dimengerti. Di kursus itu ada banyak pelayanan yang kita dapatkan sekaligus ilmu yang sangat bermanfaat sekali. Silahkan klik linknya kursus komputer di Medan atau Sanger Learning. Di sana kita akan mempelajari dan mempraktekkan langsung desain grafis. Belajarnya pun mudah dan menyenangkan. Cocok untuk kamu yang ingin menjadi desainer garfis yang hebat dan professional.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat dan banyak ilmu yang didapatkan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan kurang menyenangkan. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *