Home / Opini / Berperilaku Hidup Sehat Dalam #AksiSehatCeria
Berperilaku Hidup Sehat dalam #AksiSehatCeria

Berperilaku Hidup Sehat Dalam #AksiSehatCeria

Kesehatan itu mahal harganya, sehingga tidak ada seorangpun yang ingin sakit. Tetapi penyakit seringkali datang tiba-tiba karena manusia lalai menjaga kesehatan dan pola hidupnya. Pola hidup sehat adalah kebiasaan hidup manusia yang berpegang pada prinsip menjaga kesehatan. Kebanyakan orang memilih jalan hidup yang serba mudah dan tidak teratur dalam jangka panjang sehingga membuat orang tersebut menjadi tidak sehat dan pola hidup yang tidak sehat juga

Guru besar Pendidikan Jasmani dan Olahraga FIK UNY, Professor Arma Abdullah, M.Sc, merupakan sosok yang patut diteladani karena disiplinnya beliau dalam menjaga pola hidup sehatnya hingga kini usia beliau  lebih dari 80 tahun dan masih aktif berolahraga teratur seperti bermain golf, jogging ringan. Beliau juga sangat teratur makan, istirahat teratur dan tidak merokok

Guang (200:6) dalam Jurnalnya ia menyatakan bahwa 80% penyakit kronis berasal dari gaya hidup manusia yang tidak sehat, sedangkan 20% disebabkan oleh faktor lain.

Sejak tahun 1954, organisasi dunia WHO menggalakkan pendidikan kesehatan dengan tujuan untuk mengubah perilaku orang atau masyarakat dari perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat. Human Population Laboratory di California Departemen of health beberapa tahun lalu menerbitkan daftar kebiasaan hidup sehat dan umur panjang yang meliputi olahraga teratur, tidur secukupnya, sarapan yang baik, makan teratur, kontrol berat badan, bebas dari rokok dan obat-obatan dan tidak mengonsumsi alkohol.

Dengan demikian pola hidup sehat akan mencakup pola makan, menjaga kesehatan pribadi, istirahat yang cukup, dan aktif berolahraga.

1. Mengatur Makanan dan Pola Makan.

Mengatur pola makan penting bagi manusia. Makan harus seimbang dengan kebutuhan tenaga manusia. Kalau seseorang bekerja dengan membutuhkan tenaga yang banyak seperti tukang bangungan, tukang kayu maka membutuhkan makan yang banyak. Begitu juga sebaliknya, orang yang bekerja tidak memerlukan tenaga yang banyak seperti orang kantoran, maka makanan yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Dengan kata lain input energi harus sama dengan output energy. Mengonsumsi makan terlalu banyak akan menyebabkan obesitas, penyakit jantung, diabetes mellitus, dapat menimbulkan depresi dan ketidaknyamanan sosial. Sebaliknya juga orang yang kurang mengonsumsi makanan, maka akan menyebabkan tubuh tidak sehat, badan kurus, penampilan kurang percaya diri.

Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) menganjurkan agar 60%-70% kebutuhan energy diperoleh dari karbohidrat( terutama karbohidrat kompleks), 10%-15% dari protein dan 10%-25% dari lemak. Makanan harus sesuai dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh, makanan harus ada takarannya. Cara yang mudah menentukan takaran makan seperti dijelaskan di Jurnal Long & Shanon (1983:25) yaitu dengan Low Calory Eating atau 70%-80% kenyang setiap kali makan dan memperhatikan kandungan gizinya, yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

2. Menjaga Kesehatan Pribadi.

Usaha lain untuk mendapat kesehatan yang baik yaitu dengan menjaga kesehatan pribadi. Kesehatan pribadi adalah aktivitas rutin yang biasa dilakukan setiap hari seperti mandi, menggosok gigi, berpakaian, kebersihan rambut.

3. Mengatur Istirahat

Mengatur istirahat berarti mengatur secara seimbang antara berkerja dengan istirahat. Tenaga manusia ada batasnya, kita harus tahu kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk beristirahat. Jika antara bekerja dan istirahat tidak seimbang, maka akan menimbulkan sakit bagi tubuh. Istirahat yang baik bagi tubuh adalah selama 7- 8 jam setiap hari. Tidur sebaiknya dilakukan pada malam hari setelah seharian fisik bekerja.

4. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur adalah olahraga yang dilakukan secara teratur setiap dua hari sekali. Olahraga yang ccocok dan ringan dilakukan oleh setiap orang , seperti jogging, bersepeda, jalan kaki atau permainan ringan, seperti bermain tenis meja, bulu tangkis, dan sebagainya. Masalah yang muncul di masyarakat adalah budaya malas akan berolahraga. Agar orang gemar berolahraga, maka aktivitas tersebut harus muncul dengan kemampuan yang dimiliki tubuh yang masih dapat mengontrol aktivitas yang dilakukan.

Dalam Jurnal Hinson (1995:30) menyatakan bahwa dosis latihan yaitu ketika denyut jantung bekerja diantara 60%-80% dari denyut jantung maksimal dan lama latihan 30 sampai 60 menit.

Jika seseorang berolahraga secara berlebihan, badan akan lelah. Jika dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang, dapat menyebabkan jatuh sakit dan takut akan berolahraga.

5. Donor Darah

Donor darah adalah pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang digunakan untuk keperluan transfusi darah. Biasanya donor darah dilakukan oleh remaja dan orang dewasa yang masih kuat dan tidak ada penyakit atau orang tersebut tidak lemas dan tidak lemah. Ada pesyaratan tetentu agar seseorang menjadi pendonor.

Donor darah memliki banyak sekali manfaat. Lebih lengkap klik aja linknya Manfaat donor darah oleh DokterSehat. Di artikel tersebut kita mengetahui manfaat-manfaat donor darah yang salah satunya ialah untuk kesehatan jantung.

Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk mebiasakan hidup sehat. Siapa sih!. yang gak hidup sehat, ya kan? Di link DokterSehat akan memaparkan lebih lengkap untuk hidup sehat. Di link tersebut akan menjelaskan lebih lengkap lagi tips untuk pola hidup sehat dan pencegahan penyakit. Yang penting banyak ilmu pengetahuan yang banyak kita ambil di dalamnya.

Sekian, Terimakasih. Dan mohon maaf jika ada penulisan atau kata-kata yang salah.

Ayo #AksiSehatCeria

 

One comment

  1. Please let me know if you’re looking for a article writer for your site.
    You have some really great articles and I feel I would be a good asset.
    If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine.

    Please shoot me an e-mail if interested. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *